Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Atambua Traveling guide


Atambua terletak dikabupaten Belu, propinsi Nusa Tenggara Timur.   Atambua  sendiri merupakan 'kotanya' kabupaten Belu, sebuah kabupaten yang membentang luas hingga berbatasan dengan kabupaten Timor tengah Selatan dan Timor Leste. Daerah ini dikelilingi pegunungan kapur, dengan jalanan yang berkelok. kebetulan saya pernah tinggal disini selama hampir enam tahun. Jadi jika anda kebetulan akan singgah sebentar untuk tugas ataupun sekedar jalan-jalan, maka ada baiknya menyimak info yang saya berikan berikut ini. saya akan share tentang transportasi menuju Atambua, hotel dan beberapa tempat wisata disekitarnya yang dapat anda kunjungi jika kebetulan anda berada disana.
A. Transportasi
Bila anda berangkat baik melalui jalan udara maupun laut, maka anda akan tiba diKupang , ibukota propinsi Nusa Tenggara Timur. dari sini ada beberapa alternatif transportasi yang  dapat digunakan menuju Atambua. silahkan aanda pilih transportasi yangs esuai dengan budget anda berikut ini;
1. Jalan Udara
perjalan melalui jalan udara dapat ditempuh kurang lebih sekitar 45 menit dari bandara El Tari Kupang hingga bandara kecil di Atambua. Pesawat yang pernah saya gunakan dahulu adalah pesawat merpati, dengan harga hanya Rp 250.000/penumpang, tapi naik pesawat kecil ini cukup menegangkan, manuvernya sangat terasa sayangnya pesawat ini sudah tidak beroperasi lagi, dan digantikan dengan pesawat Susi Air.  Pesawat Susi Air hanyaamengantar dan menjemput penumpang dari/ke Atambua hanya satu kali/hari, setiap siang. Harga tiket/penumpang cukup mahal, kisarannya sekitar Rp 400.000 s/d Rp 600.000. Tetapi pesawat yang digunakan jauh lebih bagus dari pesawat mini merpati yang pernah saya naiki. Pilot yang mereka gunakan juga pilot profesional dari luar (kalau dilihat pilotnya gak kalah ganteng sama bintang hollywood :D). So bila anda tidak ingin berlama-lama dimobil dan punya kocek yang cukup, silahkan naik pesawat ini.
2. Jalan darat
perjalanan darat memakan waktu kurang lebih 7 jam perjalanan. Ada Dua alternatif transportasi darat yang bisa anda pilih dengan kelasnya masing-masing:
a. Mobil Travel
Mobil travel ini disediakan oleh dua pengelola travel, ada Timor Travel dan Travel Paradiso. Kelas yang mereka tawarkan ada: Ac dan eksekutif. Harga yang ditawarkan dibawah 150.000/penumpang, kalau dua tahun lalu harganya untuk yang eksekutif sekitar Rp100.000. Cukup nyaman apalagi untuk yang eksekutif, lebih luas. tetapi karena jalurnya yang penuh tikungan, tetap saja saya merasa pusing. oiya untuk booking tempat di travel bisa via telepon, dan nanti akan dijemput di bandara gak perlu cape2 ke terminalnya.
b. Bis
Buat traveller backpacker cocok pake bis ini. Bis ini akan mangkal di terminal oebobo, Kupang. Masih ngetem berjam-jam. Ada dua jenis bis, bis AC dan reguler. harganya untuk yang reguler sekitar Rp 45.000/penumpang. murah dan panas. tapi sesuai dengan harganya. Tapi karena bisnya cukup besar, manuver di kelokan jadi tidak begitu terasa. dan anda bisa membawa motor anda sekaligus sampe ke kasur diatas bis ini! Wow.
B.Penginapan
     Setibanya di Atambua, ada akan butuh tempat istirahat yang nyaman, berikut beberapa hotel yang ada di Atambua, silahkan pilih yang paling pas untuk anda.
1. Hotel kingstar
Menurut saya, ini adalah hotel yang paling besar di Atambua. Berlokasi di Jl. Muhammad Yamin KM2, Atambua. Jika anda berbudget cukup besar, bisa pilih hotel ini. Cukup nyaman dan tersedia pula fasilitas Wifi gratis. didekatnya ada supermarket yang cukup besar, dan beberapa tempat makan yang bisa dijangkau dengna berjalan kaki. Tempat makan halal seperti warung nasi padang terletak tidak jauh dari hotel ini. Warung tenda seperti pecel lele, bahkan martabal telor juga bisa dicari disekitar tempat ini. untuk mencari ojek sebagai transportasi jarak dekat juga mudah. Intinya lokasi ini strategis!
2. Hotel Nusantara
Harga yang ditawarkan standar, tidak terlalu mahal. Lokasi juga cukup strategis, beralamat:di Jl Ir Soekarno 42, Atambua. Nomor Telepon: 0389 21377 untuk booking kamar. Dekat dengan Bank BRI dan rumah makan Jawa timur. Lokasi cukup strategis, buat yang backpacker cocok menginap disini, karena bisa menjelajah ke pasar, dan tidak perlu kendaraan untuk cari makanan. 
3. Hotel Intan
Berlokasi diJalan Merdeka No. 12A, Atambua, Kab. Belu. Dekat dengan alun-alun, dan banyak sekali supermarket yang berjejer di kiri kanannya. Harga standar, kenyamanan kamar cukup baik, bisa cari ojek buat pergi ke suatu tempat. 
4. Hotel Timor
Berlokasi di Jl. Dr. Siwabesi, Atambua. Cukup jauh dari pusat kota. Untuk anda yang mencari keheningan, bisa menginap disini, tapi untuk cari makan dan sebagainya, anda sepertinya harus memiliki kendaraan sendiri, karena sepertinya ojek agak jarang lewat didaerah ini.
5. Hotel Paradiso
Hotel ini biasanya digunakan untuk pelatihan-pelatihan, karena menyediakan aula yang cukup besar, harga sewa kamarnya terbilang murah. Tetapi kondisinya tidak beda jauh denganHotel Timor, jauh dari pusat kota. 

C. Objek Wisata
Ada beberapa objek wisata disekitar Atambua, yang masih terletak diwilayah Kabupaten Belu. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, anda perlu menyewa bemo (angkutan umum) atau motor, karena letaknya cukup jauh. Berikut objek wisata yang bisa anda kunjungi:
1. Pantai Sekar Larang
2. Pelabuhan Atapupu
3. Danau Haekrik
4. Pantai Gurita
5. Pantai Pasir Putih
6. Pantai Afuik 












7. Perbatasan NKRI dan Timor leste ( Bukan merupakan objek wisata, taoi lumayan buat dokumentasi foto hehe)  
















Objek-Objek wisata ini akan saya bahas satu-persatu, tetapi dipostingan saya yang lain. Oiya satu tips dari saya, bila anda berkunjung ke Atambua, bawalah selalu lotion anti nyamuk, agar anda bisa terbebas dari nyamuk pembawa malaria, ingat loh malaria itu penyakit endemik disana, tetapi kalau sudah ke pulau lain seperti jawa, akan agak sulit untuk mencari obatnya, karena sekali kita kena akan suka kambuh lagi suatu waktu. Well friends, have a nice vacation in Atambua.






 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar