Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pantai Afuik, kab. Belu

Pantai Afuik berada di sebelah utara kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapainya butuh sekitar empat puluh menit dari kota Atambua. Sebelumnya pantai ini tidak begitu dikenal, saat objek wisata Teluk Gurita masih ada dan belum beralih fungsi menjadi pembangkit listrik atau pelabuhan kecil bagi nelayan setempat atau para mancing mania.


      Dalam perjalanan menuju Pantai Afuik, kita akan menemukan perahu yang dilabuhkan dipelabuhan kecil Gurita. Beberapa perahu ini bisa disewa bila kita berencana akan memancing diperairan ini. Nego harga bisa langsung dilakukan dengan sipemilik/penjaga perahu tersebut. Biasaya perahu ini berangkat ketika senja dan mulai berlabuh kembali sebelum shubuh. 
      Bila anda hobi memancing, silahkan menyewa salah satu perahu tersebut. Nikmati menangkap ikan-ikan besar di perairan Belu ini. Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup, akrena disekitar sini tidak ada warung makanan. Beli perbekalan anda di kota Atambua.



       Setelah melewati pelabuhan mini, anda juga akan menemukan pemancingan kecil disebelah kanan jalan. Tetapi mancing disini tidak seseru mancing dilaut lepas. Oiya ada baiknya jika anda melakukan perjalanan dengan kendaraan, bawalah ban cadangan, soalnya tukang tambal ban jauh dari sini. (pengalaman pribadi nih, susah cari tukang tambal ban waktu bocor). Oke kita lanjutkan perjalanan lagi yaa, biar cepat sampai ke Pantai Afuik yang indah dan eksotis.
      Sesampainya dipantai Afuik, butiran pasir putih yang lembut, menggelitik telapak kaki. Ombak laut pun melambai dengan lembut, memanggil kita untuk segera bencengkrama dengannya. 
      Tidak seperti pantai-pantai di selatan pulau jawa yang berombak besar dengan pantai yang dalam. Ombak di sebagian pantai wilayah Kabupaten Belu jauh lebih ramah. Pantainya juga luas, dan cukup dangkal pula sehingga anak-anak tidak perlu takut terbawa ombak ataupun tenggelam. Pantai ini sangat aman dan bersahabat. 
         Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit kapur, dan disebelah kanan pantai terdapat batu-batu karang besar yang indah. Timbunan kulit kerang yang indah dan beraneka warna juga dapat kita temui disini. Air pantainya juga jernih sekali, karena tidak ada pohon bakau yang tumbuh disekitarnya. Nikmati pantai yang luas dan GRATIS ini dengan bebas, tapi diharapkan anda membawa bekal makan siang sendiri yah, karena tidak ada penjual makanan disini, rumah penduduk pun jauh letaknya. benar-benar pantai yang masih alami. Mau menikmati sunset? Bisa! And it's so beautiful.
Ini saya bersama suami dan anak saya ketika berlibur ke pantai Afuik. Gunakan kacamata hitam saat siang hari, karena mentari akan sangat panas menyinari pesisir pantai. Jika anda takut hitam setelah berwisata disini, maka gunakanlah suncblock! Setelah mandi dipantai, hanya akan ada satu sumur yang dapat digunakan untuk mandi. Kalau ingin mandi dengan air bersih, anda harus membawa air sendiri atau mandilah di mesjid terdekat dikolam susuk. Sumber air memang sangat langka di Belu. Apalagi Pantai ini belum merupakan objek wisata resmi, jadi jangan harap ada fasilitas yang diberikan. Nah ini dia pemandangan sunsetnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar